Senin, 04 Maret 2013

Makanan terlezat didunia adalah rendang yang merupakan makanan khas sumatera barat





Makanan khas sumatera barat

–yaaaaa rendang sering beli nasi padang sering lauknya rendang, yang dengar dengar telah di informasikan merupakan makan terlezat ke11 didunia, waahh hebat jelas aja enak karena racikan bumbu yang berbagai macam dan diolah dengan proses yang cukup lama membuat makanan ini terasa nikmat, patut suatu kebanggan tu yang harus di pertahankan.

Tetapi teman banyak yang belum tau dan salah kaprah ni mengenai rendang, sebenarnya rendang itu:
1.Cara pembuatan atau teknik memasaknya itu yang disebut rendang
Merupakan makanann yang berasal dari minangkabau, tetapi orang sering mengatakan dari padang

Rendang  berbahan dasar daging dan santan ini merupakan resep turun–temurun dari warga sumatera barat, dan dalam proses memasaknya biasanya resep dan bahan dasarnya sama, namun terkadang ditiap daerah dengan tampilan cara memasak dan bahan-bahan bumbunya dari rendang mungkin agak berbeda.
Selain berbahan dasar daging dan santan kental rendang jug mengandung bumbu-bumbu rempah dengan keharuman yang khas seperti cabe,lengkuas.kunyit,bawang merah,bawang putih,jahe,serta serai dengan cara dihaluskan. Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam), karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran. Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan-pelan hingga santan dan bumbu terserap daging. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering. Memasak rendang harus sabar dan telaten ditunggui, senantiasa dengan hati-hati dibolak-balik agar santan mengering dan bumbu terserap sempurna, tanpa menghanguskan atau menghancurkan daging. Proses memasak ini dikenal dalam seni kuliner modern dengan istilah 'karamelisasi'. Karena menggunakan banyak jenis bumbu, rendang dikenal memiliki citarasa yang kompleks dan unik.

Rendang bisa diganti yang bahan dasarnya adalah daging sapi atau kerbau, bahan dasar yang lain juga bisa masalah rasa tetap muanteeeeppp deh, berikut ini merupakan daftar rendang makanan khas sumatera barat berbahan dasar yang berbeda:
Rendang itik 
Rendang kerang

Rendang belut 

Rendang jariang(jengkol)

Rendang telur




Rendang yang merupakan makanan khas sumatera barat ini

, juga memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatera Barat, yaitu musyawarah dan mufakat, yang berangkat dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat minang:
1. Dagiang (daging sapi), merupakan lambang dari "Niniak Mamak" (para pemimpin Suku adat)
2. Karambia (kelapa), merupakan lambang "Cadiak Pandai" (kaum Intelektual)
3. Lado (cabai), merupakan lambang "Alim Ulama" yang pedas, tegas untuk mengajarkan syariat agama
4. Pemasak (bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.


Dalam tradisi Minangkabau, rendang adalah hidangan yang wajib disajikan dalam setiap perhelatan istimewa, seperti berbagai upacara adat Minangkabau, kenduri, atau menyambut tamu kehormatan.

1 komentar:

ehm... mbak pesan rendangnya sepiring.
GPL YAAA!!!

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More